biaya haji 2023 untuk 2 orang

Apakah Anda dan pasangan berencana menunaikan ibadah haji dalam waktu dekat? Tapi, membutuhkan informasi berapa biaya haji 2023 untuk 2 orang, baik jemaah reguler maupun ONH Plus? Ya. Ada baiknya Anda mengetahui biayanya; sebagai bahan pertimbangan berangkat. Di ulasan ini kita akan menilik varian Biaya Haji 2023 untuk 2 Jemaah: Reguler dan ONH Plus.

Biaya Haji 2023 Untuk 2 Orang: Reguler dan ONH Plus

Perlu Anda ketahui bahwa biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) selalu menjadi fokus utama bagi jemaah haji Indonesia setiap tahunnya. Dalam tahun 2023, Kementerian Agama RI bersama Komisi VIII DPR telah menetapkan BPIH, menciptakan perbandingan menarik antara biaya haji reguler dan Ongkos Naik Haji Plus (ONH Plus). 

Di sini kita akan menggali lebih dalam perbedaan biaya haji 2023 untuk 2 orang jemaah, baik yang memilih opsi reguler maupun ONH Plus. Tapi sebelum itu, ketahui juga Perbedaan Umroh dan Haji.

1. Biaya Haji Reguler

Bagi jemaah haji reguler, biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) telah ditetapkan sebesar Rp90.050.637,26 per orang oleh Kemenag RI dan Komisi VIII DPR. Dari jumlah tersebut, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang harus dibayarkan langsung oleh jemaah adalah Rp49.812.700,26. Dengan demikian, total biaya biaya haji 2023 untuk 2 orang jemaah reguler mencapai Rp99.625.400,52 (Rp99,6 juta). 

Detail biaya haji 2023 untuk jemaah reguler ini sudah mencakup biaya perjalanan satu orang sebesar Rp49,8 juta.

2. Biaya Haji ONH Plus

Sementara itu, biaya haji khusus atau ONH Plus pada tahun 2023 telah ditetapkan sebesar 8.000 dolar AS (sekitar Rp120 juta) menurut publikasi resmi HIMPUH. Nilai setoran awal ONH Plus untuk mendapatkan nomor waiting list adalah 4.000 dolar AS (sekitar Rp60 juta). Meskipun angka 8.000 dolar AS tersebut dianggap sebagai batas minimal, HIMPUH menyebutkan bahwa nilai faktual biaya haji plus yang harus dibayarkan oleh jemaah bisa melebihi angka tersebut.

Dengan biaya tersebut, berarti biaya haji 2023 untuk 2 orang jemaah ONH Plus sebesar Rp 240 juta. 

Perbandingan Masa Tunggu dan Kesepakatan Biaya Haji

biaya haji 2023 untuk 2 orang

Selain ada perbedaan biaya, ada perbedaan lain antara haji reguler dengan haji plus. Yang pertama, perbandingan masa tunggu. Yang kedua, kesepakatan biaya haji. Mari kita perjelas lagi perbedaannya supaya Anda mendapat gambaran lebih rinci.

1. Perbandingan Masa Tunggu

Salah satu perbedaan signifikan antara haji reguler dan ONH Plus terletak pada masa tunggu keberangkatan. Saat ini, lama masa tunggu haji reguler bervariasi di tiap daerah, dengan data Kemenag RI mencatat bahwa lama masa tunggu berkisar antara belasan hingga puluhan tahun, bahkan mencapai 40 tahun. Di sisi lain, masa tunggu haji plus jauh lebih singkat, kisaran 5-7 tahun. 

Jadi, jika Anda ingin lebih cepat berangkat haji, tanpa harus menunggu belasan hingga puluhan tahun, tentu saja Anda bisa memilih haji plus. Memang, Anda akan mengeluarkan biaya cukup besar; tapi, Anda bisa berangkat haji lebih cepat dibandingkan haji reguler. Semua tergantung kondisi keuangan Anda.

2. Kesepakatan Biaya Haji

Kemenag RI dan Komisi VIII DPR sepakat pada Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023 sebesar Rp90.050.637,26 untuk jemaah haji reguler. Dengan nilai tersebut, biaya haji reguler untuk dua orang mencapai Rp 99.625.400,52. Rincian biaya haji 2023 ini mencakup Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) sebesar Rp49,8 juta per orang.

Berdasarkan HIMPUH, biaya haji plus minimal pada 2023 untuk dua orang jemaah adalah 16.000 dolar AS, atau sekitar Rp 240 juta dengan kurs rupiah Rp15.000 per dolar AS. Meski angka ini dianggap sebagai batas minimal, ada kemungkinan biaya haji plus untuk dua orang bisa melebihi 16.000 dolar AS. Baca ulasan kami mengenai cara daftar haji, jika Anda membutuhkan informasi soal itu.

Kesimpulan

Jadi, biaya haji 2023 untuk 2 orang bisa kita bagi dalam dua kategori. Untuk haji reguler, biaya per orangnya sebesar Rp 49,8 juta. Artinya, jika berangkat dua orang maka biayanya menjadi Rp 99.625.400,52. Sedangkan untuk haji plus, biaya per orangnya adalah 8.000 dolar AS atau sekitar Rp 120 juta. Artinya, untuk biaya dua orang biayanya menjadi Rp 240 juta.

Sebagai penutup, pilihan antara haji reguler dan ONH Plus membawa perbedaan signifikan dalam hal biaya dan masa tunggu keberangkatan. Jemaah perlu mempertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan opsi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan finansial mereka. 

Jika memilih haji reguler, biayanya memang lebih murah, tapi waktu tunggunya bisa belasan hingga puluhan tahun. Sedangkan haji plus, memang berbiaya lebih mahal, tapi waktu tunggu yang tidak terlalu lama. Sekarang tinggal bandingkan dengan kondisi keuangan Anda.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai haji khusus, biaya lebih rincinya, dan berbagai persyaratan lengkapnya, silakan cari infonya di Alhijaz Indowisata. Alhijaz Indowisata adalah salah satu travel haji plus dan umroh terbaik di Indonesia saat ini dengan jadwal keberangkatan hampir setiap hari, dan telah memiliki ijin haji khusus dan terdaftar di Kementerian Agama RI.

Baca Juga: Tata Cara Wudhu Saat Puasa, Salat Sah Puasa Tetap Terjaga

You May Also Like

5 Cara Mengatasi Bocor Pada Pertemuan Atap dan Dinding

Sebagai pemilik rumah, Anda wajib ketahui bagaimana cara mengatasi bocor pada pertemuan…

4 Bahan untuk Menambal Dinding Retak dan Caranya

Mengetahui apa saja bahan untuk menambal dinding retak penting untuk diketahui, khususnya…

6 Cat untuk Tembok Rembes, Keunggulan, dan Harga

Memilih cat untuk tembok rembes menjadi hal yang gampang-gampang susah. Pasalnya, di…

Tempat Wisata Baru Puncak Instagramable Banget

Hanya membutuhkan sekitar satu jam perjalanan dari jakarta, puncak, bogor kerap dipilih…