Rekaman CCTV Tidak Bisa Diputar
Rekaman CCTV Tidak Bisa Diputar

Rekaman CCTV Tidak Bisa Diputar – CCTV merupakan salah satu alat keamanan yang paling banyak digunakan saat ini karena fungsinya untuk mencegah kejahatan di rumah atau area tempat kamera keamanan ini dipasang.

Tetapi bagaimana jika kamera keamanan itu tidak dapat merekam? Tentu saja, cctv tidak dapat melakukannya seperti cara kerjanya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu mengapa CCTV tidak merekam dan bagaimana cara memperbaikinya.

Rekaman CCTV Tidak Bisa Diputar

Rekaman CCTV Tidak Bisa Diputar

Meskipun perangkat ini banyak digunakan, banyak pengguna CCTV yang sering menghadapi masalah. Secara umum yang menjadi masalah adalah rekaman tidak muncul di layar monitor, atau bisa juga karena CCTV tidak merekam.

Segera atasi untuk dapat mengoptimalkan CCTV yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui akar penyebab CCTV tidak bisa merekam agar Anda bisa memperbaikinya.

1. Kabel konektor putus

Alasan paling umum mengapa rekaman CCTV tidak bisa diputar atau tidak ada rekaman yang muncul di monitor adalah kabel koneksi yang rusak.

Kabel yang terputus ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal seperti: B. digigit tikus. Alasan lain bisa jadi kualitas kabel yang buruk.

Cara mengatasi: Jika penyebab CCTV tidak bisa merekam adalah karena kabel putus, solusinya adalah cek dulu penyebab kabel putus. Jika masih memungkinkan, Anda dapat menghubungkan kabel. Jika ini tidak memungkinkan, segera ganti kabel yang rusak dengan kabel baru. Pastikan untuk menggantinya dengan kabel yang berkualitas baik agar lebih awet.

2. Adaptor atau daya mati

Kemungkinan penyebab video surveillance tidak bisa merekam berikutnya adalah catu daya atau adaptor mati.

Adaptor ini adalah sumber listrik CCTV, sehingga disebut adaptor daya. Saat adaptor CCTV dimatikan, dipastikan CCTV tidak akan merekam.

Cara mengatasi: Untuk memastikan CCTV tidak merekam karena adaptor mati, Anda bisa menggunakan Avometer untuk mengecek kondisi adaptor.

Jika adaptor memang mati setelah dicek dengan alat ini, solusinya adalah dengan mengganti power supply atau adaptor.

3. Camcorder rusak

Perangkat CCTV ini terdiri dari beberapa komponen yang bekerja secara bersamaan. Jika CCTV Anda tidak merekam, mungkin karena camcorder CCTV rusak.

Jika camcorder rusak, gambar yang disimpan di DVR di monitor juga akan dimatikan, jadi tidak ada rekaman yang akan disimpan.

Cara mengatasi: Karena pengawasan video tidak dapat merekam karena camcorder rusak ini, solusi terbaik adalah membawa kamera keamanan ke layanan untuk pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat diperbaiki.

4. Port koneksi rusak

Jika sudah dicek penyebab CCTV tidak bisa merekam menggunakan penjelasan di atas, tapi tetap tidak bisa, video tetap tidak merekam atau tidak muncul di monitor, bisa jadi penyebabnya adalah port koneksi. Periksa port koneksi pada DVR.

Untuk memeriksa port konektor ini, Anda dapat memindahkannya ke port lain, yang tentu saja akan tetap berfungsi. Jika tidak ada masalah atau kesalahan setelah memindahkan port, dapat ditentukan bahwa port konektor bermasalah.

Cara mengatasi: Untuk memperbaikinya, Anda dapat memindahkan atau menggunakan port lain yang masih berfungsi dengan baik. Sedangkan terminal konektor yang rusak perlu diperbaiki dalam pelayanan agar dapat digunakan kembali di kemudian hari.

5. DVR tidak berfungsi atau rusak

Penyebab lain dari rekaman CCTV tidak bisa diputar adalah DVR tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak. DVR ini merupakan salah satu komponen utama dari CCTV. Jadi jika DVR rusak, sistem CCTV tidak bisa berjalan dengan baik.

Masalah lain yang dapat terjadi dengan DVR yang mencegah perekaman CCTV adalah hard drive yang rusak. Hard drive DVR ini digunakan untuk menyimpan rekaman yang diambil oleh kamera pengintai. Oleh karena itu, perangkat ini juga harus berfungsi tanpa gangguan selama pengawasan video diaktifkan.

Ini akan merusak hard drive DVR dan mencegah gambar direkam. Karena hard disk DVR rusak, DVR tidak dapat memutar rekaman untuk sementara waktu di awal crash.

Cara mengatasi: Jika masalah rekaman CCTV tidak bisa diputar, solusi terbaik adalah membawa DVR untuk segera diperbaiki. Harga DVR relatif mahal, mungkin tidak semua orang bisa membeli yang baru. Tetapi jika tidak bisa diperbaiki, Anda benar-benar perlu mengganti DVR dengan yang baru.

Karena CCTV tidak dapat merekam karena DVR ini, Anda dapat menentukan sendiri kerusakannya sebelum membawanya ke servis. Pertama kendorkan mur pada DVR lalu lepas harddisk yang terlihat rusak. Cek masa garansi hardisk, jika masih berlaku bisa pakai garansi, jadi tidak perlu beli DVR baru.

6. Hard drive eror di memori

Sistem pada hard drive DVR dapat dikonfigurasi untuk menyimpan rekaman selama jangka waktu tertentu. Ada juga pengaturan yang memungkinkan DVR untuk menghapus video terlama ketika diberitahu bahwa penyimpanan sudah penuh.

Masalah terjadi ketika DVR diatur secara normal tetapi memperingatkan bahwa kapasitas penyimpanan penuh sebelum waktu penyimpanan berakhir. Pada saat ini, DVR bingung, yang membuatnya tidak dapat bekerja secara normal.

Cara mengatasi: Jika ini penyebab rekaman CCTV tidak bisa diputar, solusinya adalah dengan mereset atau memformat ulang harddisk di DVR seperti semula. Jika masih tidak bisa, bisa dibawa ke service terdekat atau kunjungi website mahavision.id untuk detail paket cctv murah jakarta.

Baca Juga: Investasi Saham Online Sederhana dan Mudah dengan ATG 5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Apa Yang Harus Ditanyakan Ketika Membeli Rumah? Simak 7 Poin Ini

Apa Yang Harus Ditanyakan Ketika Membeli Rumah? Membeli rumah melalui developer atau…

Kilas Balik Sejarah Pertambangan di Indonesia

Pertambangan di Indonesia dimulai pada penjajahan kolonial Belanda hingga sekarang. Banyak hasil…