Ketika mengoptimasi sebuah website agar dapat muncul di halaman #1 pencarian Google, backlink adalah salah satu elemen penting yang sangat dibutuhkan. Backlink sendiri telah cukup lama menjadi indikator yang digunakan Google untuk menentukan, halaman website mana yang pantas bertengger di halaman 1 pencariannya.

Sehingga semakin banyak backlink berkualitas yang di dapat sebuah halaman website, maka semakin besar pula peluang halaman website tersebut mendapatkan posisi di halaman #1 pencarian Google.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas sendiri, konten menjadi sebuah aset yang harus dimiliki oleh sebuah website. 

Melansir ulasan dari halaman searchenginejournal.com, sebuah website dapat berpotensi mendapatkan banyak backlink dengan membuat jenis konten yang dikenal dengan istilah “Link Worthy-Content”.
Namun apa sebenarnya konten Link-Worthy ini dan bagaimana cara membuatnya?.
Pada ulasan kali ini, kami akan menjelaskannya secara detail mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas melalui konten Link-Worthy ini. Penasaran? Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Apa Itu Konten Link-Worthy?

Jika diterjemahkan secara polos dalam bahasa Indonesia, Link-Worthy sendiri memiliki arti layak tautan. Namun dikarenakan namanya menjadi sedikit aneh jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kami tetap menggunakan istilah Link-Worthy dalam penjelasan ini.

Link Worthy sendiri adalah konten simple dan berguna. Yang dapat menjawab pertanyaan target audience website anda. 

Jenis konten ini memiliki potensi besar untuk membuat pengguna internet atau website lain untuk terhubung dengannya.

Kembali melansir ulasan dari halaman searchenginejournal.com, dijelaskan bahwa konten Link Worthy ini biasanya dapat dibuat dalam 4 tipe konten berbeda yakni meliputi:

  1. Informational – Konten yang berupa berita terbaru atau yang tengah hangat di pencarian internet.
  2. Inspirational – Konten yang dapat menginspirasi pembacanya untuk melakukan aksi tertentu seperti self-improvement (perbaikan diri).
  3. Educational – Konten yang mengajarkan sesuatu yang baru kepada para pembacanya.
  4. Entertaining – Konten yang dapat memainkan emosi pembaca nya, mulai dari emosi marah, takut, bahagia dan lainnya.

Secara garis besar keempat tipe konten Link-Worthy tersebut dirancang untuk menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh audience website anda. 

Oleh karena itu, ketika membuat jenis konten Link-Worthy ini, maka anda harus berorientasi untuk membuat pembahasan yang dapat menjawab pertanyaan audiens dan membuat mereka ingin terhubung dengan konten anda tersebut.
Baca juga: 101 HQ Backlink Gratis Dofollow Otoritas Tinggi

Memiliki Konten Link-Worthy Belum Cukup Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Berdasarkan penelitian yang dilansir di halaman searchenginejournal.com, disebutkan bahwa kurang lebih 71.9% marketer dan juga webmaster fokus menyediakan jenis konten Link-Worthy ini di website.

Hal tersebut memang merupakan poin mendasar untuk mendapatkan backlink berkualitas, namun bukan merupakan jawaban lengkap untuk anda jika ingin menghasilkan banyak backlink ke website anda. Selain menyediakan konten Link-Worthy, anda juga harus menyediakan aset penting lainnya, yakni influencer.

Meskipun anda memiliki konten Link-Worthy di website anda, hal tersebut tidak menjamin bahwa konten tersebut akan menghasilkan backlink untuk website anda. Anda mungkin saja dapat membuat konten yang informatif dan menarik, namun jika tidak ada yang melihatnya, maka hal tersebut tentu akan menjadi sia-sia.

Di sinilah peran influencer sangat diperlukan untuk membantu konten Link-Worthy yang anda buat menjangkau lebih banyak audience. 

Influencer dapat mempromosikan konten yang anda buat, sehingga dilihat oleh lebih banyak pengguna internet.

Influencer ini sendiri adalah seseorang yang memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Influencer ini umumnya merujuk pada orang yang memiliki banyak pengikut di media sosial, pemilik website dengan trafik kunjungan tinggi dan juga jurnalis.

Membangun hubungan dengan influencer menjadi salah pekerjaan yang harus anda lakukan jika ingin konten anda menjangkau lebih banyak audience.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Dengan Membuat Konten Link-Worthy  

Untuk membuat konten link-worthy ini sebenarnya terdapat cukup banyak cara atau taktik yang dapat anda gunakan. Melansir dari salah satu post di halaman searchenginejournal. 
Dijelaskan bahwa terdapat beberapa taktik yang kiranya dapat anda gunakan untuk membuat konten link-worthy ini. Adapun beberapa taktik tersebut adalah sebagai berikut ini:

Membuat Evergreen Content

Salah satu taktik membuat konten Link-Worthy pertama yang dapat anda coba, adalah membuat konten yang bersifat Evergreen. Evergreen yang dimaksud di sini adalah topik dari konten adalah topik yang akan selalu dicari oleh banyak orang di pencarian internet.

Adapun salah satu contoh dari konten evergreen ini sendiri adalah seperti artikel kesehatan tentang cara menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat ini adalah salah satu topik yang akan selalu dicari oleh pengguna internet, bahkan untuk beberapa tahun ke depan.

Pada bagian ini, menemukan topik evergreen yang tepat dan relevan dengan website anda menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus anda lakukan. Konten evergreen ini sendiri dapat anda hadirkan dalam berbagai tipe konten, mulai dari artikel guide, how to, explainer bahkan dalam bentuk ebook.

Catatan penting lainnya yang tidak boleh anda lewatkan saat membuat konten evergreen ini adalah menggunakan judul konten yang menarik, sehingga dapat menarik perhatian pembaca atau pengguna internet untuk mengkliknya.

Memulai Podcast

Taktik lainnya untuk membuat konten Link-Worthy yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan podcast. Taktik ini memang belum terlalu terkenal di dunia SEO tanah air, namun di luar negeri, sangat banyak marketer dan webmaster yang menggunakan taktik ini untuk mendapatkan backlink berkualitas yang mengarah ke website mereka.

Taktik membuat konten Link-Worthy yang satu ini sangat berpotensi cukup besar dapat mendatangkan tautan berkualitas ke website anda jika dilakukan dengan benar. Salah satu bukti keefektifan podcast sebagai konten Link-Worthy dapat dilihat pada website searchenginejournal.com.

Berdasarkan pada penelusuran kami, website SEO Expert ini berhasil mendapatkan lebih dari 20 tautan dari taktik mendapatkan backlink berkualitas melalui podcast ini.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas melalui podcast ini, terdapat 2 metode yang dapat anda gunakan yakni meliputi:

Memulai Podcast Anda Sendiri – Membuat podcast mengenai topik yang relevan dengan niche website anda dan kemudian mengunggahnya di website anda.

Menjadi Bintang Tamu di Podcast Orang Lain – Menjadi bintang tamu atau narasumber di podcast orang lain memiliki potensi besar mendatangkan banyak backlink. Pasalnya pembuat podcast pasti menautkan link website anda pada postingan podcastnya, sehingga akan menghasilkan trafik kunjungan natural. Selain itu, website atau brand lain juga akan tertarik untuk menjadikan podcast terkait sebagai referensi jika podcast memiliki reputasi yang baik.

Membuat Artikel Dengan Topik Atau Pembahasan Baru

Kebanyaan marketer dan webmaster terjebak dalam konsep rewriting, dimana mereka hanya membuat konten atau memodifikasi pembahasan konten sebelumnya. Hal tersebut sebenarnya kurang efektif dilakukan jika anda ingin membuat konten Link-Worthy. Pasalnya Google lebih menyukai konten dengan pembahasan yang lebih informatif dan segar.

Dalam hal ini, anda disarankan untuk mulai menulis konten dengan sudut pandang yang benar-benar baru. Berikan solusi terbaru pada artikel anda yang belum pernah dibahas di website atau blog lain.

Searchenginejournal.com dapat menjadi salah satu contoh paling relevan untuk anda pelajari. Sebagian besar artikel yang ada di website tersebut fokus memberikan solusi terkait optimasi website yang orisinil dan belum pernah dibahas di website lainya.

Membuat Artikel Roundup

Beberapa dari anda mungkin masih belum terlalu familiar dengan istilah artikel roundup ini. Artikel roundup sendiri dapat dijelaskan sebagai artikel yang merangkum pembahasan dari berbagai artikel berbeda.

Misalnya, anda ingin membuat artikel Roundup tentang Link Building, maka anda dapat merangkum beberapa cara link building dari berbagai artikel berbeda dan kemudian menjadikan sebuah artikel.

Di Indonesia, penerapan atau penggunaan artikel Roundup ini memang harus diakui tidak terlalu banyak digunakan. Namun jika anda ingin mempelajari struktur artikel Roundup artikel ini, anda dapat melihat salah satu contohnya di salah satu post milik cantaloupedigital.com bertajuk “How to write a roundup article”. Anda dapat menelusurinya langsung di pencarian Google.

Membuat artikel Roundup sendiri terbilang sangat efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas ke website anda.

Dengan membuat artikel roundup ini, maka artikel ini akan memiliki potensi untuk dibagikan ulang oleh website yang anda sebutkan di dalamnya, entah itu di media sosial maupun website mereka. Sehingga, artikel roundup anda pun akan mendapatkan banyak backlink dan juga trafik kunjungan. Selain itu, artikel roundup juga dapat menjadi jembatan yang membangun hubungan dengan para webmaster lainnya.

Salah satu poin yang tidak boleh anda lupakan ketika membuat artikel roundup ini adalah untuk menginformasikan perihal artikel roundup yang anda rilis pada webmaster dari website yang anda sebutkan dalam artikel Roundup anda.

Anda dapat menggunakan email sederhana yang menyampaikan bahwa anda sangat menyukai postingan di website terkait dan memutuskan untuk memasukkannya ke dalam artikel roundup anda. Di dalam email tersebut, jangan lupa juga untuk mencantumkan link artikel roundup yang telah anda buat.

Menambahkan Elemen Visual Pada Artikel

Jika anda membuat konten artikel untuk website anda, maka selalu pastikan untuk menambahkan elemen visual pada artikel yang anda buat. Elemen visual ini berfungsi sebagai pendukung pembahasan anda, sehingga pembahasan dapat lebih mudah dimengerti oleh pembaca anda.

Anda dapat menambahkan infografis, gambar ataupun video ke dalam artikel anda untuk memvisualisasikan pembahasan di artikel anda. Misalnya, jika artikel anda membahas mengenai “cara kerja backlink”, maka anda dapat menambahkan infografik atau video yang mendukung penjelasan tersebut.

Selalu Gunakan Format Dalam Pembuatan Artikel

Untuk anda yang terbiasa dengan kegiatan blogging atau content writing tentunya mengetahui dengan sangat baik, bahwa menggunakan format dalam pembuatan artikel adalah salah satu hal yang sangat penting.

Penerapan format artikel akan pembaca dalam menemukan pembahasan-pembahasan utama di dalam artikel yang anda buat. Untuk membuat artikel anda memiliki format yang rapi dan mudah untuk dipahami, maka anda dapat menggunakan beberapa poin berikut ini:

Subheading (h1,h2,h3) – Untuk mengklasifikasikan pembahasan di website dan mempermudah pembaca menemukan informasi yang dibutuhkan.

Menggunakan kalimat yang pendek dan jelas – Mempermudah pembaca untuk memahami setiap detail pembahasan.

  • Bulleted list – Membuat informasi detail menjadi lebih mudah ditemukan
  • Block Quotes – Memberikan highlight pada catatan penting dalam artikel.
  • Bold dan Italic – Memberi highlight pada kalimat atau phrase penting tertentu dalam artikel.

Optimasi Keyword Yang Relevan Dengan Website Anda

Keyword juga menjadi salah satu elemen penting dalam proses pembuatan Link-Worthy. Untuk memaksimalkan performa konten artikel di mesin pencari, maka sebuah artikel perlu menerapkan keyword yang relevan.

Mulailah membuat database keyword yang relevan dengan website anda dan kemudian kembangkan keyword tersebut menjadi artikel informatif yang membuat banyak orang ingin terhubung dengannya.

Menemukan Angle Penulisan Yang Tepat

Ketika ada membuat suatu konten artikel, maka sangat penting untuk anda mengetahui sisi menarik dari artikel yang telah buat. Cobalah kembali menemukan hal menarik apa yang disajikan oleh artikel anda dibandingkan dengan artikel-artikel dengan topik yang sama yang dirilis oleh website lainnya.

Jika anda tidak dapat menemukan keunikan tersebut di dalam artikel anda, maka artikel anda mungkin belum dapat dikatakan sebagai konten Link-Worthy. Jika anda merasa bahwa pembahasan yang ada di artikel anda cukup monoton dan juga sama dengan yang dibagikan oleh website lain, maka sebaiknya anda merombak kembali konten artikel anda hingga mendapatkan sisi uniknya tersendiri.

Sebagai saran, anda dapat mencoba memberikan pembahasan berbeda untuk suatu topik yang anda angkat. Misalnya, jika anda mengangkat tema artikel tentang “cara membuat backlink berkualitas”.

Dan kemudian anda menemukan bahwa sebagian besar ulasan di internet menyebutkan guest posting sebagai solusinya. Maka anda dapat mencoba untuk memberikan artikel dengan solusi yang berbeda, misalnya dengan metode Moving Man atau Broken Link.

Pembahasan yang berbeda akan memberikan informasi yang lebih segar kepada para pembaca artikel anda nantinya.

Berpartner Dengan Website Atau Brand Lain

Berpartner dengan website dan brand lain menjadi taktik terakhir untuk membuat artikel Link Worthy yang dapat anda gunakan. Teknik ini dapat dikatakan cukup sering digunakan oleh para praktisi SEO luar negeri untuk membangun kredibilitas serta menjangkau lebih banyak audience.

Untuk hal penerapan, anda dapat mengajukan penawaran co-authoring atau penulisan artikel bersama kepada website atau brand lain yang relevan dengan website anda. Sederhananya anda dapat mengajukan diri sebagai columnist di website yang anda targetkan.

Misalnya, anda mengelola website yang spesifik membahas tentang SEO dan link building, anda dapat mengajukan kemitraan kepada website dengan pembahasan serupa seperti Backlinko. Jika anda mendapatkan kesempatan untuk menulis di website tersebut, maka anda akan memiliki kesempatan untuk mencantumkan tautan keluar ke website anda.

Tentu saja, teknik terbilang jarang diterapkan oleh praktisi SEO di Indonesia . Namun jika anda berhasil menerapkannya, maka anda akan mendapatkan backlink berkualitas tinggi ke website anda.

Anda dapat mencoba untuk menghubungi webmaster dari website yang anda ingin ajak terlibat dalam project co-authoring dan kemudian memberikan penawaran terbaik anda.

Sebenarnya terdapat opsi lainnya yang cukup mirip dengan co-authoring ini yakni guest posting. Anda juga dapat mencoba opsi membangun backlink yang satu ini, yakni dengan menemukan situs yang menawarkan guest blogging di dalamnya.

Selanjutnya, anda dapat membuat konten artikel di dalam website tersebut dan kemudian mencantumkan artikel di website anda sebagai rujukan.

Tools Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Konten Link-Worthy

Dalam pembuatan konten Link-Worthy, anda mungkin akan membutuhkan sejumlah tools yang untuk menemukan topik yang tepat untuk anda angkat ke dalam konten anda. Adapun beberapa dari tools tersebut adalah sebagai berikut:

  • Google Trends
  • BuzzSumo
  • Google Consumer Survey

Rangkuman Pembahasan

Dari ulasan panjang yang kami paparkan di atas, terdapat beberapa poin penting dalam pembahasan yang telah kami sampaikan diatas. Adapun beberapa poin tersebut meliputi:

  • Taktik Membuat Konten Link-Worthy
  • Membuat Evergreen Content
  • Memulai Podcast
  • Membuat Artikel Dengan Pembahasan Baru
  • Membuat Artikel Roundup
  • Menambahkan Elemen Visual Pada Artikel
  • Menggunakan Format Artikel
  • Optimasi Keyword Yang Relevan Dengan Website Anda
  • Menemukan Angle Penulisan Yang Tepat
  • Berpartner Dengan Website Atau Brand Lain

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas melalui konten Link-Worthy

Semoga dengan ulasan ini, anda dapat menciptakan konten Link-Worthy untuk website anda dan mendapatkan lebih banyak backlink berkualitas. Selamat mencoba.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Apa itu Dropmylink dan cara melakukannnya

Akhir-akhir ini, banyak sekali pertanyaan yang diajukan terkait Apa itu Dropmylink dan…

Apa Itu Backlink Generator, Tujuannya dan Sistem Kerjanya

Backlink memiliki peran penting dalam suatu langkah optimasi. Biasanya, untuk mempermudah pengerjaannya,…

Mengenal Apa Itu Backlink Authority Berkualitas dan Manfaatnya

Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu backlink authority dan manfaatnya untuk…

Apa Itu Backlink, Fungsi/Manfaat dan Cara Kerjanya Untuk SEO

Jika membahas mengenai optimasi SEO (Search Engine Optimization) sebuah website, maka Backlink…