Apa Itu Backlink
Jika membahas mengenai optimasi SEO (Search Engine Optimization) sebuah website, maka Backlink adalah salah satu poin yang tidak boleh dilupakan. 
Backlink memiliki peran penting dalam membuat website mendapatkan peringkat baik di pencarian Google. Namun apa itu backlink dan fungsinya ?
Pada ulasan kami kali ini, kami akan mencoba memberikan penjelasan lengkap mengenai apa itu backlink dan juga fungsinya, plus cara untuk membuat backlink berkualitas untuk website anda. 
Penasaran? Langsung saja, simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Apa Itu Backlink, Manfaat dan Fungsinya? 

Fungsi dan Manfaat Backlink
Apa itu backlink, fungsi dan manfaatnya untuk SEO

Mari mulai dari penjelasan apa itu backlink menurut para pakar SEO. Mengutip dari halaman backlinko, backlink adalah link atau tautan dari satu website ke website yang lainnya. Keberadaan backlink ini sangat diperlukan untuk membuat sebuah website mendapatkan peringkat di halaman pertama pencarian Google.
Kembali mengutip dari halaman backlinko, disebutkan bahwa Google menganggap bahwa backlink sama halnya dengan votes dalam suatu pemilihan. Semakin banyak backlink yang didapatkan oleh suatu website, maka Google akan memenangkan website tersebut untuk dapat muncul di halaman pertama di pencarian Google.
Misalnya saat anda mengetik kata kunci backlink gratis  di pencarian Google, situs yang berada di peringkat satu pada halaman pencarian Google tersebut merupakan situs yang memiliki paling banyak backlink berkualitas.

Merujuk dari paten pagerank, trustrank dan Google’s Reasonable Surfer Model. Ini akan membantu siapa pun dalam menerapkan strategi link building yang aman dan bertahan lama. https://t.co/n3O5b3kcze

— Garuda Citizen (@CitizenGaruda) August 10, 2021

Cara Kerja Backlink Dalam Optimasi SEO

Setelah membahas mengenai apa itu backlink dan fungsinya di poin pertama, kami akan lanjut menjelaskan mengenai cara kerja backlink ini dalam optimasi SEO. Mungkin sebagian dari anda masih bingung mengenai cara kerja dasar dari backlink ini.
Kembali mengutip penjelasan dari halaman backlinko, cara kerja backlink ini adalah ketika suatu website lain memiliki link yang menuju ke website anda. 
Pada bagian ini, jika suatu website mencantumkan link website anda di dalamnya, maka anda secara teknis mendapatkan backlink dari website tersebut.
Contoh yang paling sering ditemukan adalah misalnya terdapat sebuah situs yang menerbitkan sebuah artikel, kemudian di dalam artikel tersebut terdapat link ke website anda. 
Maka artikel tersebut telah memberikan backlink ke situs website anda.

Backlink Berkualitas Di Mata Mesin Pencari Google

Meskipun jumlah dari backlink sangat penting dan mempengaruhi peringkat sebuah website di pencarian Google. Namun yang perlu anda ketahui bahwa Google tidak menganggap semua backlink memiliki nilai yang sama. 
Dalam hal ini, 1 backlink berkualitas tinggi akan jauh lebih kuat dibandingkan dengan 1000 backlink berkualitas rendah. 
Jadi dalam upaya membangun backlink, ada syarat backlink yang dinilai bagus untuk SEO.  
Backlink berkualitas yang kami maksud disini sendiri dapat dijelaskan sebagai backlink yang memenuhi beberapa kriteria, meliputi:

Domain Authority Tinggi 

Google akan memberikan penilaian tinggi kepada backlink yang berasal dari website dengan domain authority tinggi. Domain authority di sini sendiri dapat dijelaskan sebagai ukuran tingkat kepercayaan Google. Misalnya untuk niche berita, kompas dan cnn Indonesia adalah dua contoh website dengan domain author yang tinggi. 
Semakin banyak situs website dengan domain authority tinggi yang memberikan backlink ke situs website anda, maka semakin baik pula peringkat anda di mesin pencarian Google.

Backlink Berbentuk Anchor Text

Banyak pakar SEO yang mengungkapkan bahwa, Google sangat menyukai backlink yang berbentuk anchor text. 
Untuk anda yang agak sedikit belum mengenal dengan anchor text ini, anchor text adalah link website yang disematkan ke dalam sebuah keyword. Bisa berupa frasa kata atau kalimat. 
Teks berwarna biru di gambar ini, adalah ‘anchor teks’ dalam sebuah link 
Misalnya, terdapat sebuah website atau blog yang mempublikasi artikel mengenai Backlink. Di dalam artikel ini ternyata terdapat keyword “ free backlink ” di dalamnya. Jika pengelola blog atau website tersebut menautkan link website anda pada keyword free backlink tersebut. Maka website anda akan mendapatkan backlink berkualitas dari anchor text tersebut.
Penggunaan anchor text sebagai backlink ini juga adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan oleh jasa backlink guna menyediakan backlink berkualitas tinggi untuk para kliennya.

Situs Website Yang Relate

Selain backlink dari website dengan domain authority tinggi, Google juga menyukai backlink website yang memiliki topik related dengan website anda. Sebagai contoh, misalnya anda memiliki website yang berkaitan dengan tips olahraga. 
Dan kemudian terdapat sebuah website fitness yang menautkan link website anda di dalam salah satu artikel. Maka secara teknis, anda telah mendapatkan backlink berkualitas di mata Google, dikarenakan website yang menjadi backlink anda memiliki topik atau niche yang berhubungan dengan topik website anda

Dofollow Link

Kriteria backlink lainnya yang disukai dan dinilai tinggi oleh Google adalah backlink yang berjenis dofollow link. Untuk anda yang belum terlalu familiar dengan istilah ini, dofollow link adalah link yang dapat dirayapi oleh Google (crawling)
Berdasarkan banyak ulasan dari pakar SEO, Google cenderung menyukai jenis backlink dofollow link ini dibandingkan dengan nofollow link (link tidak diizinkan untuk dirayapi oleh Google). Bahkan banyak pakar SEO yang menganggap bahwa nofollow link bukanlah jenis backlink. 
Pada saat anda membuat artikel di blog dan mencantumkan anchor text berisi sebuah link website. Maka anchor text tersebut secara default merupakan dofollow link. Namun di kasus berbeda, anda dapat membuat anchor text tersebut menjadi nofollow dengan melakukan beberapa pengaturan html pada anchor text tersebut.
Misalnya pada platform wordpress, anda dapat melakukannya dengan melakukan klik kanan pada anchor text dan kemudian memilih opsi edit as html. Selanjutnya, anda dapat menambahkan variabel rel=’nofollow’ pada pengaturan html tersebut.
Sebagai contoh, jika anda menautkan link website garuda website dan ingin menjadikannya sebagai nofollow link. Maka ada dapat menuliskan baris html sebagai berikut:

<a href=”https://www.adaeuro.com/” rel=”nofollow”>Adaeuro</a>

Terkait dengan Nofollow link ini, blog comments dan paid advertisement juga termasuk ke dalam kategori nofollow ini.

Backlink Dari Situs Lainnya

Masih terkait dengan kriteria backlink yang disukai oleh Google. Dari penelusuran kami di beberapa halaman SEO Expert, kami juga mendapati banyak ulasan yang menyebutkan Google lebih menyukai backlink dari situs yang sebelumnya belum pernah terhubung dengan situs anda.
Sebagai contoh, jika terdapat situs A dan B yang memberikan backlink ke situs website anda. Situs A ini diketahui telah beberapa kali menjadi sumber backlink untuk website anda. Sedangkan situs B baru pertama kali memberikan backlink ke situs anda. Di mata Google, backlink situs B memiliki nilai yang tinggi dibandingkan dengan situs A sebelumnya.

Cara Membuat Backlink Berkualitas Untuk SEO

Setelah cukup panjang membahas mengenai apa itu backlink dan fungsinya. Di bagian ini, kami juga akan sedikit berbagi ulasan mengenai cara yang dapat anda gunakan untuk membuat backlink berkualitas. 

Membangun Linkable Asset

Salah satu langkah yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk website anda adalah dengan membangun linkable asset. Untuk beberapa dari anda pastinya masih sangat asing dengan istilah satu ini.
Sedikit menjelaskan, Linkable asset yang dimaksud disini adalah asset yang dapat membuat situs website anda terhubung dengan para pengguna internet. 
Linkable assets ini sendiri dapat berupa postingan blog, video di Youtube dan file yang anda bagikan. 
Poin utama dari linkable asset ini sendiri adalah membangun backlink melalui konten-konten. 
Jika anda memiliki banyak blog, anda dapat mempergunakan blog anda sebagai sarana linkable asset ini. Anda dapat membuat konten artikel yang didalamnya terdapat link yang mengarah ke situs website milik anda yang ingin di optimasi.
Ide inilah yang kemudian mendorong beberapa pakar SEO membangun PBN (Private Blog Network). Walau pun ini salah satu bentuk strategi yang dilarang Google, diluaran sana masih banyak yang menggunakannya.  
Cara lainnya, anda dapat membuat channel Youtube untuk website anda dan kemudian mencantumkan link website anda pada halaman channel youtube anda. 
Anda juga dapat mencantumkan link website anda di bagian deskripsi dari video-video yang anda upload ke channel Youtube anda.

Membuat Konten Berkualitas Super

Cara membuat backlink berkualitas untuk website selanjutnya yang akan kami jelaskan masih terkait dengan Linkable asset sebelumya. 
Jika sebelumnya anda disarankan untuk membuat konten di beberapa platform dan blog yang mengarah ke website anda. 
Maka pada bagian ini, anda disarankan untuk membuat konten berkualitas yang akan anda post di website anda.
Jika website anda menggunakan CMS, tentunya website memiliki fasilitas blog tersendiri. Buatlah konten artikel berkualitas yang dapat mendatangkan trafik kunjungan dan sekaligus menjadi referensi bagi para pembaca.
Misalnya, anda memiliki website bisnis jasa backlink, anda dapat membuat konten artikel berkualitas mengenai topik ini. Konten berkualitas yang dimaksud disini adalah artikel yang dibuat dengan pendekatan mesin pencari alias artikel SEO.
Buatlah artikel SEO dengan keyword yang berhubungan dengan website anda. Pertama-tama, anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai blog atau website yang menempati urutan pertama untuk kata kunci yang anda incar.
Misalnya, kata kunci yang anda ingin buat sebagai artikel adalah artikel mengenai apa itu backlink dan fungsinya. Maka ceklah artikel yang menduduki peringkat 1 di pencarian Google untuk kata kunci tersebut.
Selanjutnya, buatlah artikel yang memuat lebih banyak informasi dibandingkan artikel tersebut. Artikel berkualitas super ini sendiri biasanya memiliki jumlah kata yang cukup banyak yakni 2000 hingga 4000 kata. 
Ketika artikel anda mendapatkan posisi atas di pencarian Google dan dijadikan referensi oleh banyak artikel. Maka, anda akan mendapatkan banyak backlink berkualitas mengarah ke situs website anda.

Menggunakan The Moving Man Method

The Moving Man Method adalah metode membangun backlink yang sebenarnya kurang banyak diterapkan di Indonesia. Namun banyak pakar SEO luar negeri yang menggunakan metode backlink building yang satu ini.
The Moving Man Method sendiri adalah metode membangun backlink dengan memanfaatkan website yang berstatus outdated, rebranded atau mengganti nama. 
Poin utama dari teknik link building ini adalah menyarankan website atau blog yang menggunakan situs website yang telah berstatus outdated atau rebranding untuk mengganti outbound link (link keluar).
Misalnya, terdapat sebuah artikel blog yang memuat link ke sebuah website A. Ternyata website A tersebut telah melakukan rebranding, sehingga page nya tidak tersedia lagi. 
Maka anda dapat menghubungi author dari blog atau situs tersebut via email dan memberitahu bahwa website yang disematkan sebagai outbound link yang ia gunakan dalam artikelnya telah tidak aktif.
Di saat bersamaan, anda dapat menyarankan artikel di blog anda atau website anda sebagai pilihan outbound link baru yang dapat mereka gunakan. Jika author dari blog tersebut setuju menggunakan link website anda di dalam artikelnya, maka website anda akan mendapatkan backlink berkualitas.
Untuk mendapatkan data website yang outdated atau melakukan rebranding ini, anda dapat menggunakan pencarian Google sebagai tool pencarian anda. 
Caranya cukup gampang, anda hanya perlu melakukan penelusuran di mesin pencari dengan format Keyword + “page no longer exists” atau Keyword + “service no longer available”.
Contohnya, jika anda mencari website bertema sepatu. Maka anda dapat menelusurinya dengan format sepatu + “page no longer exists”. 
Google akan menampilkan list website yang telah berstatus tidak aktif (outdated). 
Pilihlah website yang ingin anda ingin selidiki, selanjutnya telusuri situs mana saja yang telah memberikan backlink pada website tersebut menggunakan backlink checker
Seperti AHref atau Moz.
Langkah terakhir anda hanya perlu mengirimkan email penawaran pengalihan outbound link ke masing-masing pengelola situs yang memberikan backlink ke situs website yang telah tidak aktif sebelumnya.

Metode Broken Link Building 

Cara membangun backlink terakhir yang dapat kami sarankan untuk anda adalah metode link building bernama broken link building. Secara teori, metode ini memiliki cara kerja yang sama dengan metode The Moving Man yang kami jelaskan sebelumnya.
Perbedaannya hanya terdapat status situs yang akan anda selidik nantinya. Metode ini menargetkan website-website yang telah berstatus tidak aktif. 
Untuk menerapkan metode ini, anda dapat mencari tahu situs yang berstatus tidak aktif ini menggunakan tool seperti SEMRUSH, Ahrefs atau Moz.
Jika anda menggunakan Ahref, anda dapat menelusuri situs yang ingin anda telusuri. Misalnya, situs apple.com, maka Ahref akan menunjukkan backlink dari situs apple.com tersebut. 
Selanjutnya, anda hanya perlu menekan opsi broken link pada Ahref untuk menemukan outbound link tidak aktif pada situs ini.
Sama dengan langkah di The Moving Man Method, anda dapat mengirimkan email ke pihak pengelola situs dan memberitahukan bahwa terdapat link rusak pada salah satu postingan mereka. Anda pun dapat menyarankan postingan anda sesuai untuk menggantikan outbound link yang rusak tersebut.

Kesimpulan

Sekian beberapa ulasan yang telah kami rangkum untuk anda mengenai Apa itu backlink dan fungsinya. Semoga ulasan yang kami sampaikan ini bermanfaat dan membantu anda untuk mengoptimasi website anda. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel tentang optimasi SEO lainnya dari kami. Terima kasih.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

6 Cara Cerdas Mendapatkan Backlink Organik Tanpa Memakai Uang Sepeserpun

Backlink merupakan hal penting bagi setiap website. Karena, tanpa backlink tersebut maka…

Apa itu Dropmylink dan cara melakukannnya

Akhir-akhir ini, banyak sekali pertanyaan yang diajukan terkait Apa itu Dropmylink dan…

7 Cara Ampuh Menaikan Peringkat Video dengan Backlink Building

Sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan Youtube. Platform ini memiliki peran…

6 Contoh Social Bookmarking Terbaik Untuk Tingkatkan Traffic Website

Social Bookmarking merupakan situs yang dapat diakses oleh siapa pun, dimana para…